Kuasa Hukum: Pengrusakan Baleho Ahmad Junaldin Harus Diusut Tuntas

indonesiasatu, 01 Dec 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BAUBAU - Peristiwa pengrusakan baleho milik salah satu Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Baubau Ahmad Junaldin mengundang reaksi keras dari tim kuasa hukum.

Hal ini bermula saat baleho caleg nomor urut 4 di daerah pemilihan 2 yang terpasang di jalan Kelapa Kelurahan Wangkanapi, Kecamatan Wolio tersebut diduga dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab.

Ardin Firanata SH MH selaku ketua tim kuasa hukum Ahmad Junaldin mengungkapkan, pengrusakan tersebut tidak dapat ditoleransi karena dinilai telah mencoreng dan mencederai nilai-nilai demokrasi perpolitikan di Indonesia pada umumnya serta kota Baubau khususnya.

"Pengrusakan baleho Ahmad Junaldin harus diusut tuntas, pelakunya harus segera diungkap dan ditangkap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, karena ini merupakan bentuk persaingan tidak sehat, bila dibiarkan jangan sampai hanya menjadi pemicu hal-hal yang kita tidak inginkan," ungkapnya kepada awak Indonesiasatu.co.id pada Jumat malam (30/11).

Advokad yang kerap dipanggil Arthur ini menjelaskan, baleho milik Ahmad Junaldin dirusak sejak Rabu malam 28 November 2018. Tindakan pengrusakan diduga telah terencana dan terpola dengan baik, hal ini dapat dilihat dari bentuk kerusakan baleho yang dimaksud berbentuk segi empat serta terlihat rapi.

"Gambar dan nama calegnya (Ahmad Junaldin, red) dihilangkan, hanya menyisakan lambang partai dan gambar Wakil Walikota Baubau yang tersimpan dibagian atas," ujar Arthur.

Dijelaskan pula, saat ini pihaknya telah menempuh langkah hukum sesuai dengan prosedur perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

"Kami selaku pihak yang dirugikan telah melaporkan perihal ini ke Polsek Wolio dan Bawaslu Kota Baubau, kalau di Polsek kemarin mereka siap tindak lanjuti persoalan ini," jelasnya.

Pria yang menamatkan program Magister Hukum di Universitas Jayabaya ini mengatakan, bila tindakan pengrusakan seperti ini terus dibiarkan maka dikhawatirkan bisa menimbulkan konflik sosial antar pendukung serta menyasar para caleg lain.

"Kalau diranah Kepolisian, ini sudah masuk pada pidana pengrusakan, dan bila hal ini hanya dibiarkan berlalu tanpa ada tindakan hukum dari Kepolisian maka dikhawatirkan tidak ada efek jera, selain itu para pelaku juga bisa saja melakukan tindakan pengrusakan yang berulang apabila tidak ada sanksi bagi oknum pelaku," ujarnya.

Sebelumnya, tim kuasa hukum telah menjalin koordinasi bersama pihak Kepolisian dan Bawaslu terkait persoalan ini.

"Saat ini kita memberikan dulu kepercayaan kepada pihak Kepolisian dan Bawaslu untuk menindaklanjuti persoalan tersebut, dan kami sudah menyampaikan kepada para tim pendukung kami yang riil di lapangan untuk tetap tenang dan menyerahkan persoalan ini ke pihak berwenang," terangnya.

"Secara umum, bila pihak Kepolisian tidak cepat melakukan tindakan terkait persoalan ini, maka kami bisa katakan bahwa kondisi hari ini terkait Pileg di Kota Baubau mengarah pada suasana perpolitikan yang tidak kondusif," sambungnya.

Disamping itu, Arthur juga menilai  bahwa pesta demokrasi di Kota Baubau saat ini telah dicederai dengan tindakan diluar mekanisme yang diduga kuat dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Meskipun identitas pelaku belum disebutkan secara pasti, namun masyarakat masih percaya bila pihak Kepolisian dapat menunjukkan eksistensi serta profesionalisme kerja agar persoalan ini dapat terproses dengan baik.

"Kami mengharapkan profesionalisme dari pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas perkara ini, kami juga menginginkan agar seluruh tim dan pendukung para Caleg di Kota Baubau selalu bekerja sesuai jalur dan mekanisme, intinya bersainglah secara sehat dan jantan, karena hasilnya pun buruk bila bekerja dengan menghalalkan secara cara," tegasnya. (Arwin Mwsk*)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu